Kamis, 24 November 2011

Mengoptimalkan Kinerja RAM

RAM adalah sebuah komponen vital pada komputer yang berfungsi untuk menjalankan program kedalam ruang temporer dalam RAM untuk efisiensi dan kecepatan komputer. Namun dengan jumlah program dan aplikasi yang anda tambahkan, semakin banyak kapasitas ruang RAM yang akan digunakan, seperti halnya penyumbatan arteri oleh lemak. Namun, anda dapat mengoptimalkanRAM agar menjadi lebih efisien yang memungkinkan PC anda untuk memutar film dengan lancar, permainan dan aplikasi lainnya. Berikut adalah enam cara sederhana untuk mengoptimalkan RAM tanpa harus melakukan upgrade hardware.

1. Kontrol Program TSR.

Untuk mengoptimalkan RAM agar menjadi lebih efisien, anda perlu untuk menghilangkan semua program yang secara otomatis dimuat ke RAM. Program-program ini dikenal sebagai program TSR, terminate and stay resident program. TSR adalah sebuah program yang mengatur agar kita dapat mengakses sebuah program dengan cepat dengan menekan kombinasi tombol tertentu pada keyboard. Program ini akan akan secara otomatis menempati ruang RAM dan menetap disana dengan kata lain program ini menyita dan membatasi ruang RAM. Optimalkan RAM dengan menghentikan program ini aktif secara otomatis. Berikut adalah caranya: Klik Start> Programs> Startup> Klik kanan dan hapus file program Startup yang tidak diinginkan.

2. Menutup semua aplikasi Background

Setiap program yang dijalankan akan menggunakan kapasitas RAM. Sebuah cara yang sangat sederhana untuk mengoptimalkan RAM untuk menjalankan aplikasi yang lebih besar seperti program-program game atau film adalah untuk menonaktifkan semua program yang dijalankan saat ini. Untuk melakukannya cukup tekan Crtl-Alt-Delete pada waktu yang sama untuk menampilkan task manager. Kemudian klik kanan untuk mengakhiri program itu.

3. Setting tampilan

Windows memiliki banyak fitur untuk mempercantik tampilan, namun fitur ini juga membebani RAM komputer. Untuk mengoptimalkan RAM kita bisa melakukan setting tampilan yang tidak membebani RAM terlalu banyak. Caranya: Klik Start> Control Panel> System> pilih tab Advanced > Pilih Performance dan klik Settings> Pilih Visual Effects, anda dapat memilih dari daftar pilihan seperti sesuaikan untuk kinerja terbaik atau kustom. Jika Anda memilih menyesuaikan performa terbaik semua fitur akan dicentang.

4. Menonaktifkan Anti-virus

Apabila komputer tidak selalu terhubung ke internet atau selalu melakukan aktivitas transfer data dari flash disk antar komputer sebenarnya tidak membutuhkan program anti-virus yang berjalan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Program antivirus dimuat ke dalam ruang RAM dan menempatinya secara permanen sehingga potensial mengurangi kapasitas RAM yang menyebabkan komputer akan berjalan lebih lambat. Kita dapat mengoptimalkan kapasitas ruang RAM dengan mematikan anti-virus dan menggunakannya bila anda memerlukan scan terhadap komputer.

5. Membatasi Layanan Update Software yang tidak diperlukan

Banyak layanan program yang selalu mencari update dan menampilkan informasi tersebut. Contohnya adalah bila komputer melakukan update terhadap sebuah program yang sederhana seperti aplikasi Google bisa menghabiskan kapasitas RAM. Temukan layanan apa saja yang berjalan di latar belakang dan fungsinya dengan mengetikkan "services.msc" pada run. Masukkan perintah ini dengan cara yang sama Anda lakukan untuk msconfig. Ini akan memunculkan jendela layanan. Jika Anda tarik mouse ke salah satu layanan, akan memberikan penjelasan rinci mengenai layanan tersebut. Dengan mengklik kanan setiap layanan tersebut anda dapat menghentikan layanan itu.

6. Update driver Memory

Sistem operasi pada komputer harus memiliki driver yang up to date untuk semua hardware agar dapat mengatur semuanya dengan baik. Hal itu berlaku juga untuk RAM. Anda harus memperbarui driver RAM untuk mengoptimalkan komponen ini dengan benar. Jika driver ini tidak berfungsi maka kemungkinan RAM juga tidak berfungsi. Untuk melakukan update driver RAM ketik devmgmt.msc ke dalam jendela run. Perintah ini akan menampilkan fungsi manajemen perangkat komputer. Kemudian klik tombol expand (tanda +) pada bagian memory, klik kanan dan pilih update driver.

Semua tips di atas dapat membantu untuk mengoptimalkan penggunaan RAM pada PC anda. Walaupun upgrade RAM adalah hal yang efektif, namun tidak ada salahnya bila RAM kita optimalkan terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk melakukan upgrade terhadap RAM.

Jual Aneka Kemeja, Kaos, Polo Shirt Murah Berkualitas

Ditulis Oleh : Benny Dwi Hari: Kamis, November 24, 2011 Kategori:

2 komentar:

  1. om, kaLau meLakukaN beberapa tweek RegiStri uNtuk memaksimalkan kiNerja komputer akaN berpeNgaruh terhadap uSia pemakaia RAM gk ya??
    thaNkS
    mampir juga kaLau Sempet

    BalasHapus
  2. @Pendidikan Masyarakat Multikultural
    wah saya kurang tau tuh, tapi menurut saya sih gak pengaruh ke RAM

    BalasHapus

 

Followers

Blog Widget

DMCA.com
Future Google PR for wongzo.blogspot.com - 3.08 Free PageRank Checker Free counters! Free SEO Tools
IP review wongzo.blogspot.com on alexa.com Bloggers - Meet Millions of Bloggers