Sabtu, 23 Maret 2013

Tugas Pendahuluan Karakteristik Rangkainan RLC

Listrik 3, L3 Karakteristik Rangkainan RLC - Buat yang butuh tugas tentang Tugas Pendahuluan Fisika Dasar biar, ane cuman sekedar share aja, lengkap sama gambar grafiknya.
 
1. Jelaskan apa bedanya tegangan DC dengan AC ? dan bagaimana cara mengubah sumber AC menjadi DC atau sebaliknya dari DC menjadi AC ?
2. Jelaskan karakteristik dan fungsi dari; resistor, induktor, kapasitor ?
3. Apa yang dimaksud dengan; reaktansi kapasitif, reaktansi induktif, impedansi dan frekuensi resonansi ?
4. Apa yang terjadi bila pada percobaan rangkaian RLC harga : XL > XC, XL

Jawab
1. - AC merupakan singkatan dari Alternative Current. Arus AC adalah arus listrik yang nilainya berubah terhadap satuan waktu. Arus ini dapat pula disebut dengan arus bolak-balik.
- DC merupakan singkatan dari Direct Current. Arus DC adalah arus listrik yang nilainya tetap atau konstan terhadap satuan waktu. arus ini dapat pula disebut dengan arus searah.
Perbedaan :
1) Dapat dilihat dari bentuk gelombangnya. bentuk gelombang ini dapat diteliti dengan menggunakan osiloscope. Osiloscope adalah alat yang digunakan untuk melihat gelombang sinus yang ditimbulkan tenaga AC dan DC.
2) Dapat dilihat dari metode penggunaannya. arus AC memiliki besar dan arah yang berubah-ubah secara bolak-balik. maksudnya kutub arus ini selalu berubah-ubah dari positif ke negatif dan juga sebaliknya.
Cara mengubah AC – DC
Tegangan 220 volt AC langsung disearahkan, dengan dioda yang dirangkai merupakan jembatan, kemudian diratakan dengan kapasitor dan hasilnya berupa tegangan DC 310 Volt dilewatkan ke trafoferite dan transistor power, kemudian ada rangkaian yang me on-off transistornya dengan jeda tertentu sehingga kumparan sekunder trafoferitenya dirancang menghasilkan tegangan pulsa di serahkan menjadi tegangan DC.
Cara mengubah DC – AC
Untuk menghasilkan tegangan AC adalah dengan cara mengatur keterlambatan sudut penyalaan saklar pada tiap lengan inverter sehingga mampu menghasilkan level tegangan keluaran positif dan negatif yang berulang dengan frekuensi tertentu.

2. – Karakteristik resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat diboroskan. karakteristik lain termasuk koefisien suhu, daerah listrik dan induktansi. fungsinya :
1) menghambat arus listrik
2) pembagi tegangan
3) Pengatur volume
4) Pengatur kecepatan motor

- karakteristik induktor adalah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya, dalam satuan Henry. biasanya sebuah induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitan yang dapat membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan di karenakan hukum induksi faraday. Fungsinya :
Fungsi utama dari induktor di dalam suatu rangkaian adalah untuk melawan fluktuasi arus yang melewatinya.

- Karakteristik kapasitor adalah struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 buah plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan diellektrik, bahan-bahan dielektrik yang umum dikenal misalnya udara vakum, keramik, gelas, dan lain-lain. Fungsinya :
Menyimpan energi atau muatan listrik di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik

3. - Reaktansi kapasitif : hambatan semu pada kapasitor jika dihubungkan dengan arus bolak-balik.

- Reaktansi Induktif : Hambatan semu pada induktor jika dibuhungkan dengan arus bolak-balik.

 -Impedansi: hambatan total dari resistor, induktor dan kapasitor yang dihubungkan pada tegangan bolak-balik.
- frekuensi resonansi terjadi jika pada rangkaian terjadi.



4. XL > XC Rangkaian Induktif
XL < XC Rangkaian Kapasitif
XL = XC Rangkaian Resistif / Resonansi
Dengan Fasor :
XL berada pada sumbu y+
XC berada pada sumbu y-
R berada pada sumbu x+

Terima Kasih buat sumber
Sumber

Jual Aneka Kemeja, Kaos, Polo Shirt Murah Berkualitas

Ditulis Oleh : Benny Dwi Hari: Sabtu, Maret 23, 2013 Kategori:

3 komentar:

  1. Sepertinya saya yg pertama kali untuk berkomentar :D haha hanya blogwalking...

    BalasHapus
  2. silaturrahim pagi sobat, happy blogging dan selamat beraktifitas yah, trims sharingnya

    BalasHapus
  3. voting biar tugas nya dapet nilai bagus :D

    BalasHapus

 

Followers

Blog Widget

DMCA.com
Future Google PR for wongzo.blogspot.com - 3.08 Free PageRank Checker Free counters! Free SEO Tools
IP review wongzo.blogspot.com on alexa.com Bloggers - Meet Millions of Bloggers